Pelatihan Penulisan Artikel dan Publikasi di Jurnal Ilmiah

pelatihan menulis ilmiah

Meningkatkan kualitas dosen dalam mengemban amanah Tri Dharma perguruan tinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Artikel dan Publikasi di Jurnal Ilmiah, awal Maret lalu.  Acara bertempat di Aula Gedung Marfuah, lantai 2 STIS Putri dengan menghadirkan pemateri Dr. Umar Fauzan, dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.

Dalam sambutan, Ustadz Masykur Suyuti, Ketua STIS Hidayatullah, menyambut baik pelatihan yang digelar. Menurut Masykur, soal penelitian dan penulisan ilmiah, umat Islam sebenarnya kaya dengan khazanah teladan para ulama dan tokoh Islam terdahulu. Mereka bahkan dikabarkan begitu bersemangat untuk berburu data dan sumber ilmu sekadar untuk memverifikasi satu hadits atau riwayat yang diketahui.

“Ini semua tentu bukan sekadar catatan yang pernah ditulis sejarah. Tapi juga penyemangat bagi umat Islam agar tak henti membaca dan menulis serta mengadakakn penelitian ilmiah,,” ucap Masykur berbagi motivasi.

Senada, pemateri Ustadz Umar Fauzan juga mengingatkan bahwa penelitian adalah tugas utama dosen selain dari pengajaran di kampus dan pengabdian di masyarakat. Untuk itu penelitian, lanjut Umar, memiliki posisi strategis dalam penilaian perguruan tinggi. “Ini harus jadi perhatian bersama, khususnya dalam penilaian akreditasi nanti,” terang Umar.

Acara pelatihan berlangsung lancar selama tiga jam. Selain materi yang disampaikan secara teoritis, para peserta juga langsung mengerjakan tugas praktik yang diberikan. Di akhir acara, Umar berharap para dosen semakin produktif menulis dan menayangkan karya ilmiahnya di berbagai media, khususnya jurnal yang terakreditasi.

“Produktifitas menulis dan meneliti ini bukan untuk kepentingan dosen saja tapi juga menguatkan perguruan tinggi secara institusi nantinya,” tutup Umar berharap.

Leave us a Comment