Adakan “Tasmi” STIS Berharap jadi Generasi Hamalatul Qur’an

tasmi mahasiswi

Prestasi membanggakan kembali ditoreh oleh mahasiswi Sekolah TInggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah di bidang al-Qur’an. Baru-baru ini, mereka berhasil menyetorkan hafalan dalam kegiatan “Tasmi Hifzhil Qur’an” yang diadakan di Aula Gedung “Marfuah” STIS Lantai 2, Balikpapan, Kalimantan Timur, awal bulan Maret lalu.

Dalam sambutan, Ketua STIS, Masykur Suyuti, menyampaikan apresiasi kepada seluruh mahasiswi yang disebutnya tak pernah bosan menyantap hidangan al-Qur’an. Menurutnya, saat al-Qur’an sudah menancap di hati, maka ia bukan lagi persoalan kewajiban setoran hafalan, tetapi berubah menjadi kebiasaan dan kesenangan. “Ibarat makanan, al-Qur’an berubah jadi santapan nikmat bukan lagi sekadar tugas menghafal atau beban mata kuliah bagi mahasiswi,” ucapnya memberi motivasi.

Dikatakan Masykur, selain dinamai al-Hafizh (Penghafal) dahulu para penghafal al-Qur’an juga dijuluki sebagai “Hamalatul al_Qur’an” yakni para pemikul al-Qur;an. Ini dimaksudkan bahwa para penghafal al-Qur’an tidak terjebak pada sekadar menghafal, meskipun itu juga adalah prestasi yang patut disyukuri. Namun lebih dari itu, ada tanggung jawab untuk mengajarkan dan mendakwahkan serta mengamalkan al-Qur’an dalam keseharian mereka.

“Jadinya, kegelisahan bagi penuntut ilmu bukan hanya bagaimana menjaga dan menyetorkan hafalan. Tapi yang paling pokok adalah menampakkan nilai-nilai al-Qur’an dalam semangat ibadah dan akhlak karimah,” lanjut Masykur menerangkan. “Itulah makna dari mewujudukan peradaban al-Qur’an,” imbuhnya.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada seluruh teman dan ustadzah atas segala dukungan dan motivasinya. Doakan kami bisa istiqamah menjaga dan mengamalkan al-Qur’an. Semoga kita semua menjadi ahlu al-Qur’an,” ucap Fatimah Az-Zahrah, mahasiswi yang berhasil menyetor hafalan 15 juz.

“Iya, terharu rasanya. Mereka tak pernah lelah berjuang menghafal al-Qur’an. Salut dengan pengorbanan mereka semua,” ujar Sahlah, panitia yang mendampingi para mahasiswi tersebut. Barakallah.

 

Leave us a Comment