Kuatkan Pengabdian Masyarakat, STIS Tugaskan Belasan Dosen Sebagai Khatib Idul FItri

IMG_2699
Pelepasan Alumni STIS HIdayatullah Tahun 2017. foto: Guntur
Stishid.ac.id – Bulan Ramadhan sudah selesai beberapa waktu lalu. Umat Islam baru saja merayakan kemenangannya. Tak ketinggalan, seluruh mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah juga merayakannya dengan mengikuti shalat Idul Fitri di masjid Hidayatullah, Karang Bugis, Balikpapan.
 
Berbeda dengan para dosen, bekerjasama dengan Yayasan Dakwah Center (YDC) Ulul Albab Balikpapan, sebagian mereka mendapat amanah dakwah sebagai khatib Idul Fitri yang disebar ke berbagai titik di kota Balikpapan.
Menurut Ketua STIS, Dr. Abdurrohim, demikian itu sebagai bentuk kontribusi dakwah STIS dan pelayanan serta pengabdian riil kepada masyarakat. “Alhamdulillah, setiap tahun kita tugaskan belasan dosen menjadi khatib Idul Fitri di tengah masyarakat,” ucap Abdurrohim.
 
Dijelaskan Abdurrohim, sebelumnya dosen-dosen tersebut sudah terdaftar dalam korps dai binaan YDC Ulul Albab. Jadinya, selain tugas dakwah di lapangan, mereka juga dibekali ilmu komunikasi dan wawasan umum melalui kegiatan upgrading dai dan semacamnya.
 
“Ini juga patut disyukuri, karena amanat Tri Dharma itu terpenuhi dengan pengabdian masyarakat ini,” lanjut peraih Doktor Pendidikan Islam tersebut.
 
Untuk diketahui, selama bulan Ramadhan dan Syawal ini, para dosen STIS tak henti menyambangi masyarakat untuk berdakwah. Mulai dari agenda ceramah Tarawih, khutbah Jumat, hingga menjadi imam dan khatib hari raya Idul Fitri.
 
Tak cuma itu, sebagian dosen juga aktif memanfaatkan Ramadhan lalu dengan terjun ke masyarakat untuk sosialisasi zakat, infak, dan sedekah. “Untuk sosialisasi dan pencerahan zakat, STIS bekerjasama dengan Baitul Mal Hidayatullah (BMH) Balikpapan,” lanjutnya.
 
Ke depan, harapannya kiprah STIS semakin diakrabi oleh masyarakat, khususnya Kota Balikpapan dan umumnya Kalimantan Timur. Mengingat visi STIS menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam ilmu syari’ah untuk mencetak sarjana berkarakter Qur’ani. */ admin stis

Leave us a Comment