Pendahuluan PMB STIS Hidayatullah Balikpapan 2018/2019

Event Description

Suasana seminar dan Kajian Umum

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

STISHID— Rata-rata pendidikan di Indonesia telah menjalani proses belajar-mengajar di semester genap untuk tahun ajaran 2017/2018. Sudah menjadi tradisi, di saat seperti ini seolah seluruh elemen masyarakat terlibat menyaksikan kesibukan para guru dan pelajar di tingkat menengah atas seperti SMA, SMK, atau MA mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional. Namun berbarengan dengan itu, ada satu ritual yang juga tidak kalah hebohnya dengan ujian nasional, ritual tahunan yang juga selalu menjadi perhatian khusus bagi para orang tua dan pelajar SMA, SMK, atau MA. Ritual tersebut adalah penerimaan mahasiswa baru.

Di zaman now seperti ini, salah satu alasan yang masuk akalnya mengapa para orang tua, bahkan siswa sibuk dan bingung membuat rancangan masa depan pendidikan adalah karena semakin banyak opsi pilihan perguruan tinggi dengan berkembangnya inovasi dari pengelolaan perguruan tinggi yang menjamin masa depan anak-anak bangsa menjadi Sumber Daya Unggul dan kompetitif.

Tetapi tetap saja, apapun yang Anda harapkan sebelum memasukkan anak ke sebuah perguruan tinggi, maka yang perlu kali pertama dilakukan adalah perhatikan siapa dosennya dan bagaimana lingkungannya. Mayoritas pakar parenting sepakat bahwa dua hal tersebutlah yang paling mempengaruhi perkembangan anak didik di masa-masa berikutnya.

Selain harus ditopang oleh lingkungan pendidikan yang berkultur Islami, indah, bersih, dan kohesif, kesuksesan anak-anak bangsa calon mahasiswa juga sangat ditentukan sejauh mana dosen dan civitas akademik mampu menempatkan diri sebagai pendidik sekaligus berperan sebagai pengayom.

Berangkat dari semangat membangun kuktur pendidikan yang ingin berperan secara fundamental dalam membangun generasi Qur’ani, maka Yayasan Pondok Pesantren (YPP) Hidayatullah  Balikpapan yang hadir sejak tahun 1973 pun turut memberikan layanan pendidikan dan dakwah untuk anak-anak bangsa dengan adanya pendidikan formal tingkat PAUD Raudhatul Athfal, TK Raadhiyatan Mardhiyyah, MI Raadhiyatan Mardhiyyah, MTS Raadhiyatan Mardhiyyah, dan MA Raadhiyatan Mardhiyyah.

Sebagai solusi bagi kelanjutan pendidikan karakter di tingkat perguruan tinggi, YPP Hidayatullah Balikpapan menghadirkan Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Balikpapan di tahun 2004. Keunggulan STIS Hidayatullah yang memiliki visi “Unggul dalam Ilmu Syariah untuk Mencetak Sarjana Berkarakter Qur’ani” adalah menggunakan sistem integral berbasis tauihid sebagai  pola pendidikannya dan sistem Boarding School (asrama) sebagai pola pembentukan karakter.

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) terintegrasi dalam content, proses, spirit, dan budaya khas perguruan tinggi sehingga memberikan mahasiswa kepada mahasiswa membangun visi hidup menjadi insan Qur’ani kekinian (pribadi muslim zaman now). STIS Hidayatullah berpedoman pada kurikulum Departemen Agama (Depag) dan Sistematika Wahyu sebagai Manhaj Pondok Pesantreh Hidayatullah. Dengan Boarding school (berasasrama) mahasiswa/i tidak hanya belajar secara kognitif, melainkan juga afektif dan psikomotor. Sebab, pada kenyataannya, dalam menghadapi kehidupan, manusia menyelesaikan masalah tidak cukup dengan kecerdasan intelektual, melainkan perlu kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Mengajarkan kecerdasan emosional dan spiritual tidak cukup dilakukan secara kognitif, sebagaimana mengajarkan kecerdasan intelektual. Dalam hal ini diperlukan proses internalisasi dari berbagai pengertian yang ada dalam rasio ke dalam hati sanubari.

Latar belakang Tenaga pengajar lulusan dari berbagai perguruan tinggi diantaranya: Universitas Islam Madinah, Akademi Ulama Turki, International of Islamic University Malaysia, LIPIA, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, UIKA Bogor, UMI Makassar, UMS Surakarta, STAIL Surabaya, UIN Antasari Banjarmasin, dll.

  • JALUR PMB

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk Tahun Akademik 2018/2019 Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Balikpapan kembali dibuka per tanggal 01 Februari 2018. Prodi yang ditawarkan; 1) Program Studi (S1) Hukum Keluarga (Akhwal Syahsiyyah) Jurusan Ilmu Syariah; dan 2) Program Studi (S1) Hukum Ekonomi Syariah Jurusan Muamalah. Daya tamping Hukum Keluarga = 70 orang, HES = 70 orang. Untuk info dan perihal terkait pendaftaran akan dijelaskan berikutnya.

Pola PMB yang diterapkan STIS Hidayatullah selama ini adalah menggunakan sistem First come, First serve (FCFS), panitia PMB berkomitmen mengedepankan layanan bagi calon pendaftar yang terlebih dahulu mendaftar serta melengkapi administrasi dan berkasnya, baik via online maupun datang langsung ke kampus STIS Hidayatullah Balikpapan. Pola ini konsisten diterapkan dikarenakan STIS Hidayatullah adalah perguruan tinggi yang menjunjung tinggi asas setiap warga negara berhak mendapatkan layanan pendidikan, termasuk merasakan pendidikan tinggi.

Sehingga panitia tidak membatasi calon pendaftar hanya dari sekat prestasi akademik maupun non-akademik saja, apalagi membatasi pada tataran kemampuan finansial. Kalau hal tersebut diterapkan, maka semakin banyak anak bangsa yang tidak bisa mengenyam pendidikan tinggi, sementara mereka memiliki keinginan kuat terus meningkatkan kapasitas keilmuan, khususnya dalam jenjang ilmu syariah.

Dan untuk mengakomodir keberagaman basic pendidikan dan social calon mahasiswa, maka STIS menawarkan 4 bentuk jalur PMB. Adapun empat jalur tersebut adalah:

Jalur I’dad

Jalur i`dad adalah penerimaan mahasiswa baru melalui program i`dad yang dilaksanakan oleh STIS Hidayatullah Balikpapan.

Jalur Prestasi (Program Pendidikan Ulama dan Zuama (PUZ))

Jalur prestasi adalah penerimaan mahasiswa baru yang diterima melalui prestasi akademik dan prestasi non akademik yang diperoleh siswa pada jenjang pendidikan SMA sederajat.

Jalur Reguler/Tes

Jalur regular/tes adalah penerimaan mahasiswa yang dilakukan melalui jalur tes.

Jalur Karyawan (Extension)

Jalur karyawan adalah penerimaan mahasiswa yang dilakukan melalui jalur regular/tes yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang bekerja paruh waktu.

  • BEASISWA

Khusus untuk Miskin dan Tidak Mampu Gratis SPP, Gratis Pembangunan & Gratis Asrama. Namun STIS tidak menanggung biaya Konsumsi, biaya pendaftaran MABA, kesehatan, MCK, PKL/KKN, Kitab-kitab, Biaya ujian Skripsi & wisuda.

Untuk itu, silahkan anda kunjungi halaman Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru STIS Hidayatullah berikut !. Klik DISINI

Built Process