Tutup Porseni, Ketua STIS Ingatkan Orientasi Pemuda Islam

WhatsApp Image 2019-02-03 at 19.49.50

Muslim yang kuat lebih baik dan lebih dicintai daripada Muslim yang lemah. Hal itu disampaikan oleh Ustadz Masykur, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Balikpapan, dalam acara Penutupan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) STIS Hidayatullah,  beberapa waktu lalu.

Menurut Masykur, cara pandang (worldview) inilah yang membedakan orang beriman dengan yang lalai terhadap agamanya. Bagi mahasiswa Muslim, semua kegiatannya senantiasa dikaitkan dengan keimanan dan orientasi Akhirat. Termasuk ketika berolahraga atau mengadakan lomba olahraga.

“Jadi bukan karena libur akademik atau sibuk bertanding jadi tidak shalat berjamaah di masjid atau tidak ikut halaqah al-Qur’an. Justru adanya perlombaan olahraga ini untuk menjadikan kita sebagai Mukmin kuat yang makin dicintai Allah,” terang Masykur sambil menyebut satu hadits Nabi Muhammad yang terkait.

Fisik yang kuat dan keterampilan yang cekatan, lanjut Masykur, merupakan cara orang beriman mensyukuri setiap nikmat yang diberikan oleh Allah. Selain itu, menjaga kesehatan juga perintah Nabi khususnya bagi para pemuda. “Manfaatkanlah sehatmu sebelum sakitmu dan masa mudamu sebelum datang masa tuamu” ucap Masykur mengutip hadits lainnya.

Senada, Rikman Alwi, Ketua Dewan Mahasiswa (DEMA) STIS bersyukur atas partisipasi dan antusias seluruh mahasiswa. “Inti diadakannya Porseni bukan siapa yang menang atau siapa yang kalah. Ia adalah wadah silaturrahim antar mahasiswa dan dosen di lapangan,” ungkap Rikman.

Kegiatan yang digelar di Aula Abdullah Said, Balikpapan itu dirangkai dengan penyerahan sejumlah hadiah bagi para pemenang lomba-lomba yang diadakan. Sebut misalnya, olahraga futsal, voli, bulutangkis,  Selain itu juga ada lomba seni berupa drama Islami, kaligrafi, puisi, dan karya tulis ilmiah.

Diketahui, kegiatan Porseni berlangsung selama tujuh hari dan diikuti oleh ratusan mahasiswa dari dua Program Studi (Prodi), yaitu Hukum Keluarga (HK) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES).

 

Blog Attachment

Leave us a Comment