STIS Adakan Pelatihan Paralegal dan Diskusi Dai Melek Hukum

dai paralegal

Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Balikpapan terus berupaya meningkatkan kualitas pengabdian masyarakat, sebagai amanat Tri Dharma perguruan tinggi. Salah satunya dengan mengadakan kegiatan “Pelatihan Paralegal” yang diikuti oleh sarjana-sarjana dai yang sebagian besarnya adalah alumni STIS Hidayatullah.

Acara yang dirangkai dengan “Diskusi Dai Melek Hukum” tersebut menghadirkan pemateri Dr. Dudung Amadung (Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Hidayatullah), Saifullah Hamid, M.H (Pengacara),  Ir. Musafir (Pengurus LBH), dan M. Isnaini (Aktifis hukum). Acara digelar selama dua hari di Meeting Room “Amin Bahrun” STIS, Balikpapan, beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, ini juga bagian dari kerjasama dengan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) untuk meningkatkan wawasan dai di bidang hukum,” ucap Masykur, Ketua STIS Hidayatullah. “Harapannya, ada dorongan lebih massif dari masyarakat untuk tegaknya hukum yang berkeadilan di negeri tercinta ini,” lanjutnya.

Menurut Zainal Abidin, Direktur Program dan Pemberdayaan BMH Pusat, kegiatan ini diadakan  untuk mendorong kiprah dai semakin dinamis, sehingga tidak saja dalam konteks menyeru masyarakat kepada ketaatan, tetapi juga dapat mendampingi dan memberikan pencerahan sisi hukum.

Dalam sambutan LBH Hidayatullah, Dr. Dudung Amadung memaparkan pentingnya dai sadar dan melek hukum. Dengannya dakwah bisa semakin progresif dengan tetap relevan dengan ketentuan hukum.

“LBH Hidayatullah berkeinginan para dai dapat melek hukum agar program dakwah yang dijalankan dapat semakin dinamis dan progresif, dimana pada saat yang sama tetap sesuai dengan ketentuan hukum, sehingga misi dakwah sebagai rahmatan lil ‘alamin dapat benar-benar diwujudkan. Dengan demikian dai dan dakwah ke depan tidak saja mencerdaskan masyarakat, tetapi juga dapat ikut mendorong tegaknya hukum yang berkeadilan,” ulasnya.

Kegiatan yang diikuti oleh puluhan sarjana dai ini terselenggara berkat kerja sama Laznas BMH, STIS Hidayatullah, LBH Hidayatullah, dan DPP Hidayatullah dalam rangkaian kegiatan Silaturahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah 2018 di Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur, beberapa waktu lalu.

 

Leave us a Comment